Friday, May 20, 2011

Tips - Cara Meningkatkan Kemampuan Blackberry

Blackberry bagi beberapa kalangan sudah menjadi barang yang tak terpisahkan dalam kehidupan. Bagi pebisnis, mereka memanfaatkan smartphone ini untuk mendukung bisnisnya seperti untuk mengedit dokumen, hingga melakukan hubungan dengan klien. Namun layaknya komputer, semakin sering digunakan, semakin lama kinerja / performa dari blackberry akan menurun. 

Penurunan kinerja blackberry tersebut bisa disebabkan oleh menipisnya ruang memori di RAM atauoun di Storage. Untuk meningkatkan kembali performa Blackberry Anda, Blog ini menulis Tips – Cara Meningkatkan Kemampuan Blackberry, beserta hal-hal yang mempengaruhi kinerja Blackberry.

Berikut Tips - Cara Meningkatkan Kemampuan Blackberry :

Hapus Aplikasi Yang Jaran Digunakan

Terkadang pemakai Blackberry sering mendownload / menginstall aplikasi dari Appworld namun jarang digunakan. Sering pula aplikasi yg tak terpakai tersebut tidak di uninstal. Nah aplikasi-aplikasi inilah yang memakan ruang memori yang sudah dialokasikan untuk aplikasi, dan akan mempengaruhi performa Blackberry. Oleh karena itu ada baiknya Anda lebih selektif dalam menginstal aplikasi dan buang saja aplikasi yang jarang dipakai untuk memberi tempat lebih lapang di ruang memori. Ini bisa meningkatkan Performa Blackberry Anda dengan signifikan,

Hapus Appointment Lampau dari Kalender

Fitur kalender Blackberry memang mempunyai kemampuan menyimpan Appointment. Meski memakan memori yang sedikit, namun jika Anda sering menggunakannya dan tidak dihapus, maka semakin lama pasti juga akan mempengaruhi kinerja Blackberry Anda. Solusinya, hapus semua Appointment lawas yang tak terpakai. Atau setting fitur kalender Anda untuk menghapus Appointment setelah 15 hari. Caranya, klik Options->General Option, kemudian pilih keep appointmen dan set ke 15 hari. Maka appointment Anda akan terhapus secara otomatis setelah 15 hari.

Hapus Pesan Lama

Sama seperti Appointment, pesan ini juga akan mempengaruhi kinerja blackberry jika menumpuk begitu banyak. Solusinya hapus pesan lama atau yang tak terpakai. Atau setting lama penyimpanan pesan menjadi 15 hari. Menu->options->General Options->ubah Day to keep messages menjadi 15 hari

Hapus Video Sampel Bawaan

Biasanya video sampel ini selalu disertakan dalam Blackberry untuk menguji video player. Karena kualitasnya yang baik, tentu video ini memakan memori yang tidak sedikit. Lebih baik Anda mendelete saja video sampel ini untuk memberikan ruang memori yang lebih lega

Hapus Cache dan cookies dari Browser

Tindakan ini akan sangat berpengaruh pada kecepatan Browser Anda jika browser bawaan blackberry dirasa melambat. Menu->Options->Cache Operations dan pilih clear. Menghapus history browser juga termasuk cara meningkatkan kinerja blackberry.

Bersihkan Memori dari Penggunaan yang Tak Perlu

Ketika suatu aplikasi digunakan, maka aplikasi tersebut akan menyimpan data untuk sementara pada RAM. Namun terkadang beberapa aplikasi tidak melepaskannya meski aplikasi itu sudah tidak digunakan. Nah untuk meningkatkan performa Blackberry, Anda harus menghapusnya secara manual. Setting->Options->security options->Advance security options->Memory cleaning kemudian tekan Clean Now.

Bersihkan Event Log

Anda juga bisa menghapus event log untuk meningkaykan kinerja Performa Blackberri / BB Anda. Caranya tekan alt-LGLG. Tekan menu dan pilih Clear Log.

(sumber : Tabloid Pulsa)

No comments:

Post a Comment