Friday, April 15, 2011

W7 dan W8, Nokia Pertama Ber-OS Windows

Eldar Murtazin, salah satu pembocor ponsel Nokia yang cukup disegani, baru-baru ini telah memperoleh dua prototipe handset Nokia berbasis Windows Phone 7 yaitu Nokia W7 dan Nokia W8.

Dari penilaiannya kedua handset ini merupakan produk lama dengan platform baru, yaitu Nokia W7 berbasis perangkat keras Nokia X7 sementara Nokia W8 berasal dari Nokia N8. Meskipun demikian ada juga perubahan komponen di dalamnya karena keduanya memakai chipset Qualcomm yang diwajibkan Microsoft ditanam dalam setiap handset berbasis Windows Phone 7.

Eldar Murtazin menggambarkan spesifikasi Nokia W7 seperti HTC Mozart dengan layar LCD resolusi WVGA. Meski bukan memakai layar OLED namun Eldar sepertinya menyukai perangkat ini. Nokia W7 ini sepertinya yang akan diluncurkan pertama kali oleh Nokia.

Nokia W8 akan menyusul kemudian dengan membawa spesifikasi yang lebih tinggi seperti halnya Nokia N8. Kameranya turun menjadi 8MP dengan autofokus dan lampu kilat LED. Meski terlihat jadul namun di dalamnya terdapat prosesor Qualcomm dual-core yang akan membuat kinerjanya lebih trengginas.

Murtazin juga mengatakan bahwa pekerjaan prioritasnya adalah menyesuaikan kamera untuk Windows Phone 7 karena karakteristiknya berbeda dengan yang ada di handset lain seperti HTC atau Samsung.

Pada akhirnya dikatakan juga bahwa Nokia merencanakan untuk meluncurkan 12 handset Windows Phone 7 di tahun 2012 nanti. Semoga ada model yang tidak semata didasarkan pada handset Nokia Symbian yang sudah ada di pasaran saat ini. 

No comments:

Post a Comment