Tuesday, January 20, 2009

Perangkat perangkat komputer

Komputer dibagi menjadi 3 macam perangkat, yaitu perangkat Hardware(perangkat keras), software(perangkat lunak), dan yang terakhir adalah perangkat insani(brainware)

Hardware:
hardware merupakan sebuah perangkat keras yang bisa dilihat dan diraba, hardware komputer berbeda jenis sesuai fungsinya masing2, jenis-jenis hardware yaitu:
a. Input/output(i/0) terdiri dari perangkat masukkan dan keluaran, seperti keyboard, mouse, printer, monitor, dll.
b. Storage seperti Hardisk disket, CD, Flash-disk, dll
c. Casing Unit, adalah tempat dari semua peralatan komputer, seperti motherboard, card, dll

Software:
Merupakan perangkat yang berguna untuk melakukan suatu perkerjaan, software terdiri dari beberapa jenis yaitu

a. Sistem Operasi,merupakan software yang mengubungkan antara hardware dengan brainware, tanpa sistem operasi komputer tidak dapat berjalan sama sekali, jenis2 sistem operasi antara lain seperti Windows dan LInux

b. Software utility,merupakan software yang berfungsi untuk mengisi kekurangan yang ada pada sistem operasi yang digunakan

c. Program aplikasi,merupakan software yang berfungsi untuk melakukan suatu perkerjaan, seperti aplikasi perhitungan gaji dipakai oleh orang yang berkerja dibagian keuangan, aplikasi ini tidak banyak beredar dipasaran, aplikasi ini biasanya dibuat oleh perusahaan/pihak yang membutuhkannya.

d. Program paket, adalah sebuah apikasi yang mempunyai banyak kegunaan, apikasi ini hanya berjumlah satu file tetapi dapat melakukan beberapa tugas, seperti microsoft excel selain bisa dipakai oleh anak sekolahan untuk membuat daftar piket kelas juga bisa digunakan oleh orang bagian akutansi untuk membuat laporan keuangan, dan masih banyak lagi program paket seperti microsoft word, excel, adobe photoshop, frontpage, macromedia flash mx, dll. Program paket berdedar luas dipasaran.

No comments:

Post a Comment