Thursday, April 9, 2009

Berjualan E-Book di Internet

Pernah kepikiran pengen jadi penulis? sudah dicoba mendaftarkan karya Anda ke penerbit tetapi ditolak karena berbagai alasan? semoga artikel ini bisa mewujudkan impian Anda tersebut.

E-Book(Elektronik-Book) adalah sebuah file yang biasanya berekstensi PDF, didalamnya berisi artikel yang berhubungan dengan judul dan tujuan menulis E-Book tersebut. Anda bisa mencoba untuk menulis sebuah artikel yang menarik untuk dibaca orang lain, atau jika Anda sudah mempunyai artikel bisa langsung dikonversi menjadi file PDF dengan bantuan software PDFCreator, setelah itu Anda bisa melakukan dua pemasaran secara online, yaitu:


Pemasaran sendiri:
Dalam sistem ini Andalah penulis dan penerbit dari E-Book yang Anda tulis, sitem ini cukup rumit karena harus membuka sebuah toko online sendiri dan sudah cukup matang dalam mengurus rekening bank secara online. Tetapi sisi baiknya adalah Anda mempunyai salah satu jiwa wirausaha yaitu Bersedia Menanggung Resiko, artinya panjang pendeknya umur Anda dalam bisnis ini ditentukan oleh Anda sendiri, mungkin saja dengan begitu Anda akan melahirkan E-Book dengan kualitas best seller agar Anda bisa lama bertahan dalam bisnis ini.

Contoh situs yang bisa dijadikan contoh adalah:

- www.bukuelektronik.com

- www.duniaebook.com

- www.ebook-bisnis.com

- www.majalahwanita.com

- Dan lain-lain


Pemasaran menggunakan situs pihak ketiga(Penerbit Online):

Dalam sistem ini Anda menulis sebuah E-Book dan kemudian mengirimkan karya Anda kesitus yang bersedia menjualkan E-Book karya orang lain, dengan cara ini Anda tidak perlu pusing memikirkan bagaimana caranya membangun toko online, walapun Anda harus tetap dituntut untuk mengerti cara mengelola rekening bank secara online. Tetapi dengan cara ini mungkin Anda akan tersaingi dengan adanya E-Book yang ditulis oleh orang lain yang dijual dalam satu halaman dengan kategori yang sama. Sebagai contoh: Anda menulis E-Book yang berhubungan dengan komputer dan kemudian mengirimkannya kesitus yang bersedia menjualkan E-Book karya orang lain, kemudian E-Book Anda dijual dalam satu halaman dengan kategori komputer dan dalam satu halaman tersebut terdapat puluhan E-Book yang juga berhubungan dengan komputer. Pastinya sang pembeli akan bingung mau pilih yang mana, jika Anda beruntung mungkin E-Book Andalah yang akan dibeli. Tetapi jangan ciut nyali dulu donk! kita sebagai makhluk Tuhan dituntut untuk berusaha karena Tuhan tidak menyukai orang yang cepat menyerah, walaupun E-Book Anda dijual secara bersamaan dengan E-Book lain tetapi E-Book yang sangat bermutulah yang nantinya akan banyak dibeli.

Salah satu E-Book yang sangat serius terhadap penjualan E-Book karya masyarakat Indonesia adalah www.jualebook.com

No comments:

Post a Comment