Sunday, July 31, 2011

Daftar Nokia Dual Sim Terbaru

Banjir ponsel murah dengan dual sim card, rupanya telah diantisipasi Nokia. Tak mau kalah dengan vendor lain, Nokia merilis sejumlah ponsel dual sim card murah. Berikut ini daftar Nokia dual sim.

1. Nokia X1-01

Nokia X1-01 memiliki layar 1,8 inci dengan resolusi 128 X 160 dan masih menggunakan sistem operasi (OS) : S30. Saat pembelian Nokia x1 akan dibundling dengan memori 2 GB dan masih bisa di upgrade hingga 16 GB. Ponsel tersebut dijual dengn harga Rp 400.000 saja.

2. Nokia C2-01

Nokia C2-00 adalah salah satu varian ponsel connected. Oleh karenanya ia juga dibekali dengan fitur jejaring sosial, chatting, juga imel. Nokia C2-00 dibekali degan easy swap, suatu sistem dual simcard yang dikembangkan Nokia untuk memudahkan penggunanya mengganti simcard. Satu sim card ada di balik baterai, satu lagi berada di luar (hot swap). Harga Nokia C2-00 dijual sekitar Rp.600.000 an.

Samsung Galaxy S II Hadir dengan Versi Putih

Samsung dikabarkan tengah menyiapkan ponsel Samsung Galaxy S II versi warna putih yang sudah mulai dibuka pre-ordernya di Inggris dan dijual berkisar antara £410 hingga £500.

Expansys France telah merilis versi putih dari Galaxy S II yang rupanya terlihat putih secara keseluruhan, mulai dari bagian depan hingga bagian belakang. Warna putih ini diyakini sebagai warna yang paling laris selain dari warna hitam.

Rencananya ponsel Samsung Galaxy S II warna putih ini akan hadir pada tanggak 15 Agustus. Di Prancis sendiri Samsung Galaxy SII Putih ini baru akan tersedia di bulan September dan dibanderol €589,99. Sepertinya Samsung ingin kembali menyaingi Apple iPhone dalam pengadaan perangkat ponsel warna. Mudah-mudahan Galaxy S II warna putih segera masuk Indonesia. Lihat juga Tablet Android Honeycomb Terbaik Murah. (ligaponsel.com)
Samsung Galaxy S II hadir dengan Versi Putih

Tutorial Pemrograman Java, Mengambil protokol dari URL

Protokol adalah suatu mekanisme pertukaran data antara klien dengan server, protokol mengatur format paket data yang dipertukarkan.

Berikut contoh protokol

-http:

-File:

Skrip untuk mengambil protokol



--------^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^--------------


package pelajaranjava;
import java.net.*;


public class AmbilProtokol {
public static void main(String[] args) {
try{
URL url = new URL("http://www.google.com");
String protokol = url.getProtocol();
System.out.println(protokol);
}catch(Exception ue){

}
}
}


________________________________________


Penjelasan Skrip


URL url = new URL("http://www.google.com"); = Berfungsi untuk membuat objek URL dengan url situs paman google

String protokol = url.getProtokol(); = Mengambil protokol dari url yang diberikan kemudian menyimpannya dalam variabel protokol

System.out.println(protokol); = Menampilkan protokol

digunakan try-catch untuk menangkap kesalahan

Tutorial Pemrograman Java, Membuat Form

Pertama buatlah sebuah proyek

Setelah itu pada Source Pakages klik kanan, pilih New->jFrame Form...



Masukan nama Form lalu klik Finish



Sekarang form sudah tercipta, ketika Anda menekan F6 maka form tidak terlihat, apa masalahnya? masalahnya karena Anda tidak melakukan sesuatu yang membuat form bisa muncul, salah satu yang bisa Anda lakukan adalah klik menu Build->Set Main Project Configuration->Customize


Pada konfigurasi, tulisan Main Anda ganti dengan nama form yang ingin Anda munculkan, jika sudah klik OK


Sekarang tekan F6 untuk menjalankan proyek, form yang Anda buat tadi sudah terlihat

Tutorial Pemrograman Java, InetAddress

InetAddress adalah kelas yang berfungsi untuk mengambil alamat IP pada suatu komputer, ketika mempraktikan artikel ini Anda harus melakukan import java.net

import java.net.*;


InetAddress tidak memiliki konstruktor, InetAddress bisa dibuat dengan menggunakan Method pabrik, yaitu method yang digunakan untuk menghasilkan instans dari InetAddress, methodnya ada tiga, yaitu:


getLocalhost: mengambil informasi IP dari host lokal komputer


getByName(String nama): mengambil informasi IP dari nama yang diberikan


getAllByName: menghasilkan array InetAddress yang mewakili semua alamat

yang berkaitan dengan suatu nama tertentu


dengan InetAdress kita bisa mendapatkan host address dari host name yang dimasukan, mendapatkan host name dari host address yang dimasukan, kita juga bisa mendapatkan host address dan host name dari komputer kita(komputer lokal). Hal inilah yang akan saya bahas.


Pertama buka netbeans Anda dan buat proyek baru


Kemudian buat sebuah form dan beri nama form tersebut sesuai dengan keinginan Anda


Sebelum melangkah ketahap tutorial selanjutnya, Anda harus merancang form, komponen form yang dibutuhkan yaitu tiga jButton dan 6 jTextField, gambar form dibawah ini juga bisa Anda tiru



Fungsi dari masing-masing komponen

jTextField1= field yang akan di isi user untuk memasukan host address

jButton1= mengolah host address yang dimasukan oleh user dan menampilkan host name kedalam jTextField2

jTextField3= field yang akan di isi user untuk memasukan host name

jButton2= mengolah host name yang dimasukan oleh user dan menampilkan host address kedalam jTextField4

jButton3= menampilkan host name kedalam jTextField5 dan menampilkan host address ke dalam jTextField6

Langkah tutorial berikutnya: Memasang skrip

Memasang skrip pada jButton1:

Klik 2 kali pada jButton1 lalu masukan skrip dibawah ini

------------------^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^------------------

<pre name='code' class='java'>

try{


String hostName = InetAddress.getByName(jTextField1.getText()).getHostName();


jTextField2.setText(hostName);


}catch(Exception a){

}

<pre>

-------------------------------------------------------------------------------------

Penjelasan skrip

String hostName = InetAddress.getByName(jTextField1.getText()).getHostName();

Membuat objek InetAddress yang diambil dari kata yang dimasukan oleh user pada jTextField1, kemudian dari objek InetAddress tersebut kita dapatkan hostnamenya dan disimpan kedalam variabel hostName yang mempunyai tipe data String

jTextField2.setText(hostName); = jTextField2 menampilkan data yang ada pada variabel hostName

try{


}catch(Exception a){

}

Saat membuat objek dari kelas InetAdress akan menghasilkan exception, oleh karena itu diberikan catch yang akan menangkap Exception yang terjadi

Memasang skrip pada jButton2:

Klik 2 kali pada jButton2 lalu masukan skrip dibawah ini

------------------^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^------------------

try{


String hostAddress = InetAddress.getByName(jTextField3.getText()).getHostAddress();


jTextField4.setText(hostAddress );


}catch(Exception a){

}

-------------------------------------------------------------------------------------

Penjelasan skrip

String hostAddress = InetAddress.getByName(jTextField3.getText()).getHostAddress();

Membuat objek InetAddress yang diambil dari kata yang dimasukan oleh user pada jTextField3, kemudian dari objek InetAddress tersebut kita dapatkan hostaddressnya dan disimpan kedalam variabel hostAddress yang mempunyai tipe data String

jTextField4.setText(hostAddress ); = jTextField4 menampilkan data yang ada pada variabel hostAddress

try{


}catch(Exception a){

}

Saat membuat objek dari kelas InetAdress akan menghasilkan exception, oleh karena itu diberikan catch yang akan menangkap Exception yang terjadi

Memasang skrip pada jButton3

Klik 2 kali jButton3 lalu salin skrip dibawah ini

------------------^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^------------------

try{


InetAddress ia=InetAddress.getLocalHost();


jTextField5.setText(ia.getHostName());


jTextField6.setText(ia.getHostAddress());


}catch(Exception a){

}

-------------------------------------------------------------------------------------

Penjelasan skrip

InetAddress ia=InetAddress.getLocalHost();= Membuat objek ia dari kelas InetAddress dan mengambil informasi ip dari host lokal

jTextField5.setText(ia.getHostName()); = Menampilkan host name yang di ambil dari objek ia

jTextField6.setText(ia.getHostAddress()); = Menampilkan host address yang diambil dati objek ia

try{


}catch(Exception a){

}

Saat membuat objek dari kelas InetAdress akan menghasilkan exception, oleh karena itu diberikan catch yang akan menangkap Exception yang terjadi

Sekarang komponen dan skrip sudah dipasang sesuai dengan tugasnya, silahkan coba program yang baru saja Anda buat.

Jika tidak mengalami masalah akan lebih baik jika program tersebut diberi hiasan sehingga program tersebut akan lebih user friendly



Gambar program yang sudah diberi hiasan


Tutorial Pemrograman Java, URL (Uniform Resource Locator)

Secara awam(Saya juga orang awam he he hebiggrin), URL yang merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator adalah alamat dari web yang dipakai oleh browser untuk meminta data kepada server web yang mempunyai alamat yang dimintanya.

Contoh URL:

http://www.blogger.com

HTTP= Sebagai protokol, yang mengatur aturan pertukaran data di internet

blogger=host

Java juga mendukung adanya pengolahan URL dengan menciptakan subkelas url dari kelas net, karena itu ketika ingin mempraktikan artikel ini Anda diwajibkan untuk mengimport java.net

import java.net.*;

URL mempunyai empat konstruktor, masing-masing konstruktor akan menyebabkan MalformedURLException, karena itu digunakan try-catch untuk menangkap error yang terjadi. Keempat konstruktor URL tersebut adalah

-URL(String domain)= membuat objek url dari domain lengkap yang dimasukan, domain=URL

Contoh: URL("http://www.anhar.com");

-URL(String protocol, String host, int port, String fie)= membuat objek url dari protocol, host, port dan file didalam domain yang ingin diakses

Contoh: URL("http","www.anhar.com",80,"/photoku.php");

-URL(String protocol, String host, String fie)= membuat objek url dari protocol, host dan file didalam domain yang ingin diakses

Contoh: URL("http","www.anhar.com","/photoku.php");

-URL(URL context, String spec)= membuat objek url dengan menambahkan spec kedalam contect url yang sudah ada

URL memiliki method, beberapa method URL adalah:

String getFile() = Mengambil alamat file dari url

String getHost()= Mengambil nama komputer dari URL

inet getPort()= Mengambil informasi port pada URL

String getProtocol= mengambil nama protokol dari URL

String getQuery()=mengambil nama variabel yang akan dikirimkan ke alamat URL

String toExternalForm=mengambil alamat URL lengkap dengan variabel yang dikirimkan

Masing-masing method dan konstruktor akan saya bahas pada artikel yang lain, artikel ini hanya membahas tentang dasar dari kelas URL dalam Java

Tutorial Pemrograman Java, Membuat Objek Lingkaran

Pada postingan ini saya akan memberikan tutorial java grafis, kita akan membuat sebuah Frame dan menggambar Lingkaran didalamnya

Sebelum mulai marilah kita berdoa

kemudian lakukan import java.awt.*;

import java.awt.event.*;

Buka Netbeans Anda kemudian buat proyek baru dan kemudian buat class baru

Kemudian salin kode dibawah ini yang diberi cetak tebal kemudian pelajari penjelasan skripnya

--------------^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^----------


package pelajaranjava;


import java.awt.*;
import java.awt.event.*;


public class ObjekLingkaran extends Frame{


ObjekLingkaran(){


super("Menggambar Objek Lingkaran");


addWindowListener(JE);


setSize(310,150);


setVisible(true);


}
public void paint(Graphics Gambar){


Gambar.setColor(Color.RED);


Gambar.drawOval(50, 50, 70, 70);


Gambar.fillOval(200, 50, 70, 70);


}

JendelaEvent JE = new JendelaEvent();


public class JendelaEvent extends WindowAdapter{


public void windowClosing(WindowEvent wc){


dispose();


System.exit(1);

}
}

}
-----------------------------------------------------------

Penjelasan Skrip

import java.awt.*;
import java.awt.event.*;

_________________________

Melakukan import class yang dibutuhkan

extends Frame

_______________________________

Inisialisasi Frame pada kelas ObjekLingkaran

super("Menggambar Objek Lingkaran");


addWindowListener(JE);


setSize(310,150);


setVisible(true);

_______________________________________

Membuat title program


Menambahkan WindowListener berupa objek JE dari kelas JendelaEvent yang mengimplementasikan WindowAdapter


Membuat program mempunyai lebar 310 dan tinggi 150


Membuat program bisa terlihat(Visible)




public void paint(Graphics Gambar){


Gambar.setColor(Color.RED);


Gambar.drawOval(50, 50, 70, 70);


Gambar.fillOval(200, 50, 70, 70);


}

________________________________________

Membuat viod paint berupa parameter objek Gambar dari kelas Grafis


Objek Gambar yang merupakan anak dari kelas Grafis mengatur warrnanya berupa warna merah


Objek Gambar menggambar lingkaran pada kordinat x 50, kordinat y 50, lebar 70 dan tinggi 70


Objek Gambar menggambar lingkaran pada kordinat x 200, kordinat y 50, lebar 70 dan tinggi 70 dan memiliki warna yang sudah diatur sebelumnya



JendelaEvent JE = new JendelaEvent();


public class JendelaEvent extends WindowAdapter{


public void windowClosing(WindowEvent wc){


dispose();


System.exit(1);

}
}

____________________________________________

Membuat objek JE dari kelas JendelaEvent


Membuat kelas JendelaEvent dan menampung WindowAdapter


Membuat void windowClosing dan menaruh skrip didalamnya, hal ini berarti ketika User mengclose program tersebut maka windowClosing akan menjalankan baris program yang dimilikinya, kita memberikan skrip dispose dan System.exit(1); pada void windowClosing sehingga ketika User mengklik close pada jendela Size program, program akan menghilangkan kenampakannya dan sistem program tersebut akan berhenti

Kemudian pada class Main salin kode dibawah ini yang dicetak tebal


----------^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^-----------
package pelajaranjava;


public class Main {


public static void main(String[] args) {


ObjekLingkaran ol = new ObjekLingkaran();


}

}

_____________________________________

Pada skrip diatas akan menciptakan objek ol dari kelas ObjekLingkaran, jika Anda membuat kelas dengan nama lain maka Anda harus mengganti nama ObjekLingkaran dengan nama kelas yang Anda buat, sedangkan nama objek terserah,


tekan F6 untuk menjalankan program lalu Anda akan melihat tampilan seperti ini






Tutorial Pemrograman Java, Operasi Matematika

Dalam matematika kita pasti mengenal operasi tambah,kurang kali dan bagi. Java juga bisa melakukan operasi perhitungan seperti operasi tambah,kurang kali dan bagi. Dalam artikel ini akan diberikan skrip yang melakukan operasi tambah,kurang kali dan bagi

Rumus-rumus operasi perhitungan dengan tipe data berupa Integer

Operasi Tambah : Integer a + Integer b

Operasi Kurang : Integer a - Integer b

Operasi Kali: Integer a * Integer b

Operasi Bagi: Integer a / Integer b

Silahkan pelajari skrip dibawah ini


-----------^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^-------------

package pelajaranjava;
import java.net.*;


public class OperasiMatematik {
public static void main(String[] args) {
Integer angkaPertama = 5;
Integer angkaKedua = 5;
Integer hasilTambah = angkaPertama + angkaKedua;
Integer hasilKurang = angkaPertama - angkaKedua;
Integer hasilKali = angkaPertama * angkaKedua;
Integer hasilBagi = angkaPertama / angkaKedua;
System.out.println("Hasil dari 5 ditambah dengan 5 adalah"+hasilTambah);
System.out.println("Hasil dari 5 dikurang dengan 5 adalah"+hasilKurang);
System.out.println("Hasil dari 5 dikali dengan 5 adalah"+hasilKali);
System.out.println("Hasil dari 5 dibagi dengan 5 adalah"+hasilBagi);
}
}


----------------------------------------------------------------------------------

Tutorial Pemrograman Java, Query

Apa itu query? perhatikan URL dibawah ini

http://domainku.web.id/kirimdata.php?nama=dinda&email=aku@yahoo.com&situs=aku.blogspot.com

nama=dinda&email=aku@yahoo.com&situs=aku.blogspot.com adalah sebuah query

secara praktek pengalaman penulis, query dalam URL adalah variabel beserta isi dari variabel yang dikirimkan kepada URL, perhatikan lagi contoh query diatas, query diatas memiliki variabel nama yang berisi dinda, variabel email yang berisi aku@yahoo.com dan variabel situs yang berisi aku.blogspot.com

artikel ini lebih ditujukan bagi yang pernah memprogram situs dengan PHP

dengan salah satu method dari URL kita bisa mengambil data query yang dikirimkan ke suatu situs dengan method

getQuery();

Skrip berikut menunjukan cara untuk mengambil query yang dikirimkan ke URL http://www.domainsaya.com/tambahData.php


------------^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^--------------

package pelajaranjava;
import java.net.*;


public class AmbilQuery{
public static void main(String[] args) {
try{
URL url = new URL("http://www.domainsaya.com/tambahData.php?nama=anhar&umur=15");
String protokol = url.getQuery();
System.out.println(protokol);
}catch(Exception ue){

}
}
}


---------------------------------------------------


Penjelasan skrip


Skrip diatas akan menghasilkan nama=anhar&umur=15


Tutorial Pemrograman Java, Mengambil port dari URL

Port adalah 16-bit nomor yang mengenal layanan yang ditawarkan oleh server jaringan, setiap layanan mempunyai port, jika Anda ingin mengakses layanan tersebut maka harus tersambung pada port yang sesuai, port yang mempunyai layanan tertentu disebut port standar, contoh: protokol http mempunyai port 80(80 port standar), semua layanan mempunyai nomor port dibawah 1024, sedangkan nomor port diatas 1024 adalah port custom yang biasa kita pakai ketika ingin membuat server, karena itu ketika membuat server sebaiknya menggunakan port diatas 1024

Pada artikel ini akan diberikan skrip yang bisa membantu Anda mendapatkan nomor port pada URL tertentu, untuk mengambil port pertama kita membuat objek dari kelas URL,kemudian dibuat variabel yang menampung nilai port dari url yang diberikan, kemudian digunakan salah satu method URL untuk menampilkan port yaitu getPort(); port adalah nomor Integer sehingga ditampung oleh variabel dengan tipe data Integer, kemudian nomor tersebut dikeluarkan ke konsol seperti yang di kerjakan oleh skrip dibawah ini



--------^^^^^^^^^^^^^^^^^^------------------

package pelajaranjava;
import java.net.*;


public class AmbilPort {
public static void main(String[] args) {
try{
URL url = new URL("http://www.yahoo.com");
Integer protokol = url.getPort();
System.out.println(protokol);
}catch(Exception ue){

}
}
}

---------------------------------------------------

Tutorial Pemrograman Java, Mengetahui tanggal terakhir suatu file di modifikasi

Untuk mengetahui tanggal terakhir suatu file di modifikasi yang harus kita lakukan pertama kali adalah melakukan import kelas Date dengan menggunakan skrip berikut

import java.util.*;

Skrip dasar untuk mengambil data tanggal terakhir suatu file di modif adalah : lastModified(); dengan tipe long

kemudian Anda bisa mencontoh skrip dibawah ini yang di cetak tebal



package pengetesan;
import java.io.*;
import java.util.*;

public class Main {


public static void main(String[] args) {


Date tanggal = new Date();


File file = new File("c:/tulisan.txt");


long tgl = file.lastModified();


tanggal.setTime(tgl);


System.out.println("Terakhir di modif : "+tanggal);



}

}




Penjelasan Skrip:

Pertama kita membuat objek tanggal dari kelas Date

Kemudian melakukan Instantiate file bernama 'tulisan' dengan ekstensi txt yang beralamat di C

Menciptakan variabel tgl dengan tipe long untuk menampung tanggal terakhir file yang di Instantiate oleh objek file dimodif menggunakan skrip dasar

lastModified();

Kemudian objek tanggal di set waktunya sehingga sama dengan tanggal yang ditampung oleh variabel tgl

Skrip terakhir menampilkan variabel tanggal dengan tambahan kalimat

Tutorial Pemrograman Java, Mengetahui Ukuran Memori Dari File

Sebelumnya Anda harus mengimport java io


Untuk mengetahui ukuran memori dari file yang harus kita lakukan pertama kali adalah Instantiate File, kemudian kita gunakan skrip seperti dibawah ini


File file = new File("c:/tulisan.txt");

long ukuran = file.length();


String ukuranFile = String.valueOf(ukuran);


System.out.println("Ukuran File : "+ukuranFile+" bytes");




Penjelasan Skrip:

Pada Skrip yang di beri cetak tebal adalah skrip yang bertugas untuk mengambil dan menampilkan ukuran memori dari variabel file yang melakukan Instantiate file bernama 'tulisan' dengan ekstensi txt yang beralamat di C.



Masing masing tugas skrip

long ukuran = file.length(); : Berguna untuk mengambil ukuran memori file dari variabel file kemudian menyimpannya kedalam variabel ukuran yang bertipe long karena angka dari ukuran memori bertipe long.

String ukuranFile = String.valueOf(ukuran); : Mengkonversi data angka dari variabel ukuran menjadi data karakter agar bisa ditampilkan, data karakter tersebut di simpan dalam variabel ukuranFile

System.out.println("Ukuran File : "+ukuranFile+" bytes"); : Menampilkan isi dari variabel ukuranFile dengan tambahan kalimat

Tutorial Pemrograman Java, Instantiate File

Ketika mempelajari kelas File Anda harus mengimport kelas IO dengan menggunakan skrip : import java.io.*;





Hal ini merupakan dasar dari kelas File, dengan Instantiate File kita bisa melakukan operasi baca tulis(Open/Save), mengambil nama file, mengetahui ukuran suatu file, delete dan read only file, mengetahui jumlah file dalam suatu direktori(folder) dan lain sebagainya, untuk melakukan Instantiate bisa digunakan skrip dibawah ini

File file = new File("alamat file");

contoh:

File file = new File("c:/tulisan.txt");

Pada skrip diatas data file bernama 'tulisan' dengan ekstensi txt yang beralamat di C akan disimpan pada variabel file. Kemudian file tersebut bisa dtampilkan data-datanya, menampilkan isi dari file tersebut, menulis ke file tersebut dan sebagainya

Tutorial Pemrograman Java, Memasukan gambar kedalam Frame program

Saat masih baru-baru belajar pemograman Java, saya merasa kesusahan ketika ingin memasukan gambar kedalam frame(form), beberapa cara klasik saya coba, seperti mengkopi gambar yang ada dalam folder kemudian mempastekan kedalam form sudah dicoba tetapi tidak bisa, saya mengira bahwa memasukan gambar kedalam form diperlukan rentetan skrip, itu membuat saya gentar dalam mempelajari pemograman Java, saya ingin sekali pindah belajar VB karena dalam VB sangat mudah dalam memasukan gambar, sampai suatu hari didalam ruang sejuk ber AC saya memperhatikan waktu paket sewa warnet yang mau habis dan sebuah skrip yang berguna dalam memasukan gambar kedalam frame(form). Setelah skrip tersebut dipelajari sekarang saya akan memberitahu bagaimana caranya memasukan gambar kedalam Frame program, silahkan disimak artikel dibawah ini

Buka netbeans Anda lalu buat proyek baru dan buat sebuah class, class ini nantinya akan digunakan untuk menampikan frame yang didalamnya terdapat gambar

Kemudian salin skrip dibawah ini yang diberi cetak tebal lalu pelajari penjelasan skripnya

------------------^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^----------------



package pelajaranjava;


import java.awt.*;
import java.awt.event.*;



public class AlasGambar extends Frame{


Toolkit ambilGambar=getToolkit();


AlasGambar(){


super("Gambar Souljaboy");


addWindowListener(JE);


setSize(500,260);


setVisible(true);


}


public void paint(Graphics Gambar){


Image img = ambilGambar.getImage("C:/Souljaboy.jpg");


Gambar.drawImage(img, 150, 50, 200, 200, this);


}


JendelaEvent JE = new JendelaEvent();


public class JendelaEvent extends WindowAdapter{


public void windowClosing(WindowEvent wc){


dispose();


System.exit(1);
}
}

}
-------------------------------------------------------------------

Penjelasan Skrip

import java.awt.*;
import java.awt.event.*;

__________________________

Mengimport class yang diperlukan

public class AlasGambar extends Frame{


Toolkit ambilGambar=getToolkit();


AlasGambar(){


super("Gambar Souljaboy");


addWindowListener(JE);


setSize(500,260);


setVisible(true);


}

___________________________________________

Kelas AlasGambar menampilkan frame

membuat objek ambilGambar dari kelas Toolkit yang berfungsi untuk mengambil gambar dari alamat yang diketikan

membuat title program bernama "Gambar Souljaboy"

menambahkan window listener yang akan memproses program ketika User mengolah jendela program

membuat program mempunyai lebar 500 dan tinggi 260

membuat program menampakan dirinya

public void paint(Graphics Gambar){


Image img = ambilGambar.getImage("C:/Souljaboy.jpg");


Gambar.drawImage(img, 150, 50, 200, 200, this);


}

_____________________

Membuat void paint dengan parameter berupa objek Gambar dari kelas Graphics

membuat objek img dari kelas Image, img mengambil gambar dari objek ambilGambar yang mengambil gambar Souljaboy dengan tipe gambar JPG yang beralamat pada direktori C

Objek Gambar mulai menggambar img pada kordinat x 150m kordinat y 50, lebar gambar 200 dan tinggi gambar 200, observernya adalah this

JendelaEvent JE = new JendelaEvent();


public class JendelaEvent extends WindowAdapter{


public void windowClosing(WindowEvent wc){


dispose();


System.exit(1);
}
}

____________________________________________

Membuat objek JE dari kelas JendelaEvent

Membuat kelas JendelaEvent dan menampung WindowAdapter

Membuat void windowClosing dan menaruh skrip didalamnya, hal ini berarti ketika User mengclose program tersebut maka windowClosing akan menjalankan baris program yang dimilikinya, kita memberikan skrip dispose dan System.exit(1); pada void windowClosing sehingga ketika User mengklik close pada jendela Size program, program akan menghilangkan kenampakannya dan sistem program tersebut akan berhenti

Pada kelas Main salin skrip dibawah ini yang diberi cetak tebal



package pelajaranjava;


public class Main {


public static void main(String[] args) {
AlasGambar ag = new AlasGambar();


}

}

___________________________________

Skrip diatas akan membuat objek ag dari kelas AlasGambar, jika Anda menggunakan kelas selain kelas AlasGambar untuk memasukan gambar kedalam frame maka Anda harus mengganti AlasGambar dengan nama kelas yang Anda gunakan tersebut.



Tekan F6 untuk menjalankan program lalu Anda akan melihat tampilan program seperti berikut ini






Tutorial Pemrograman Java, Membuat Objek Kotak

Pada postingan ini saya akan memberikan tutorial java grafis, kita akan membuat sebuah Frame dan menggambar Kotak didalamnya

Sebelum mulai marilah kita berdoa

kemudian lakukan import java.awt.*;

import java.awt.event.*;

Buka Netbeans Anda kemudian buat proyek baru dan kemudian buat class baru

Kemudian salin kode dibawah ini yang diberi cetak tebal kemudian pelajari penjelasan skripnya

--------------^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^----------


package pelajaranjava;


import java.awt.*;
import java.awt.event.*;


public class ObjekKotak extends Frame{


ObjekKotak(){


super("Menggambar Objek Kotak");


addWindowListener(JE);


setSize(310,150);


setVisible(true);


}
public void paint(Graphics Gambar){


Gambar.setColor(Color.RED);


Gambar.drawRect(50, 50, 70, 70);


Gambar.fillRect(200, 50, 70, 70);


}

JendelaEvent JE = new JendelaEvent();


public class JendelaEvent extends WindowAdapter{


public void windowClosing(WindowEvent wc){


dispose();


System.exit(1);

}
}

}
-----------------------------------------------------------






Penjelasan Skrip

import java.awt.*;
import java.awt.event.*;

_________________________

Melakukan import class yang dibutuhkan

extends Frame

_______________________________

Inisialisasi Frame pada kelas ObjekKotak

super("Menggambar Objek Kotak");


addWindowListener(JE);


setSize(310,150);


setVisible(true);

_______________________________________

Membuat title program


Menambahkan WindowListener berupa objek JE dari kelas JendelaEvent yang mengimplementasikan WindowAdapter


Membuat program mempunyai lebar 310 dan tinggi 150


Membuat program bisa terlihat(Visible)





public void paint(Graphics Gambar){


Gambar.setColor(Color.RED);

Gambar.drawRect(50, 50, 70, 70);


Gambar.fillRect(200, 50, 70, 70);


}

________________________________________

Membuat viod paint berupa parameter objek Gambar dari kelas Grafis


Objek Gambar yang merupakan anak dari kelas Grafis mengatur warrnanya berupa warna merah


Objek Gambar menggambar Kotak pada kordinat x 50, kordinat y 50, lebar 70 dan tinggi 70


Objek Gambar menggambar Kotak pada kordinat x 200, kordinat y 50, lebar 70 dan tinggi 70 dan memiliki warna yang sudah diatur sebelumnya




JendelaEvent JE = new JendelaEvent();


public class JendelaEvent extends WindowAdapter{


public void windowClosing(WindowEvent wc){


dispose();


System.exit(1);

}
}

____________________________________________

Membuat objek JE dari kelas JendelaEvent


Membuat kelas JendelaEvent dan menampung WindowAdapter


Membuat void windowClosing dan menaruh skrip didalamnya, hal ini berarti ketika User mengclose program tersebut maka windowClosing akan menjalankan baris program yang dimilikinya, kita memberikan skrip dispose dan System.exit(1); pada void windowClosing sehingga ketika User mengklik close pada jendela Size program, program akan menghilangkan kenampakannya dan sistem program tersebut akan berhenti

Kemudian pada class Main salin kode dibawah ini yang dicetak tebal


----------^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^-----------
package pelajaranjava;


public class Main {


public static void main(String[] args) {


ObjekKotak ok = new ObjekKotak();


}

}

_____________________________________

Pada skrip diatas akan menciptakan objek ol dari kelas ObjekKotak, jika Anda membuat kelas dengan nama lain maka Anda harus mengganti nama ObjekKotak dengan nama kelas yang Anda buat, sedangkan nama objek terserah,

tekan F6 untuk menjalankan program lalu Anda akan melihat tampilan seperti ini







Tutorial Pemrograman Java, Menghitung pangkat

Sebelum mempraktikan artikel ini terlebih dahulu Anda harus mengimpor kelas math


import java.math.*;


Untuk menghitung pangkat Anda bisa menyalin skrip dibawah ini yang dicetak tebal

------------------^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^------------------

package pelajaranjava;
import java.math.*;


public class Main {


public static void main(String[] args) {

double angka = 2;


double angkaKedua = 3;


System.out.println(Math.pow(angka, pangkat));


}

}

_______________________________________________________

Penjelasan Skrip


double angka = 2; = Menghasilkan variabel angka bertipe double dengan nilai 2


double angkaKedua = 3; = Menghasilkan variabel angkaKedua bertipe double dengan nilai 3


Math.pow(angka, angkaKedua) = Merupakan fungsi dari kelas Math untuk menghitung pangkat, angka pangkat angkaKedua


System.out.println(Math.pow(angka, pangkat)); = Menampilkan hasil pemangkatan

Skrip diatas akan menghasilkan nilai 8 karena hasil dari 2 pangkat 3 adalah 8

Tutorial Pemrograman Java, Menampilkan angka random

Sebelum mempraktikan artikel ini terlebih dahulu Anda harus mengimpor kelas math


import java.math.*;


Untuk menampilkan angka random Anda bisa menyalin skrip dibawah ini yang dicetak tebal

------------------^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^------------------
package pelajaranjava;
import java.math.*;


public class Main {


public static void main(String[] args) {

double angka = Math.random()*11;

System.out.println(Math.ceil(angka));


}

}

_______________________________________________________

Penjelasan Skrip


Math.random()*11; =Menghasilkan nilai random dengan nilai yang paling terbesar adalah 10


Math.ceil(angka); =Menghasilkan bilangan bulat terkecil dari variabel angka yang bertipe Double yang menampung nilai random


double angka = Math.random()*11; =Menghasilkan nilai random dengan nilai yang paling terbesar adalah 10 kemudian ditampung oleh variabel angka dengan tipe double


System.out.println(Math.ceil(angka)); = Menampilkan bilangan bulat terkecil dari variabel angka