Saturday, May 30, 2009

Mengambil nilai positif dari bermain game

Orang tua zaman sekarang ketika mereka mendengar kata Game tak jarang yang berpikiran bahwa game hanya menghabiskan waktu, membodohkan pikiran, merusak iman, mengurangi jiwa sosial, mengurangi nilai kemanusiaan, tak menghasilkan dan pikiran2 buruk lainnya, hal tersebut tidak bisa disalahkan dan tidak bisa dibenarkan, ini negara demokrasi jadi siapapun bisa berpendapat. Jika kita menyukai bermain game seharusnya kita tidak menjadi akibat dari kejelekannya, jika kita bisa mengambil hal positif ketika kita memainkan suatu permainan, dibawah ini ada beberapa hal positif dari game yang bisa Anda ambil

1. Game menjadi media belajar bahasa inggris

Belajar???? aduuuh capeee deeh boseen tauuuuu mendingan SMSan sama pacar atau ngongkrong2 bareng temen2(YANG BARUSAN CUMAN BERCANDA!!! DON'T TRY IT AT HOME!!!) yang membuat kita menjadi bosan belajar adalah cara kita belajar, duduk manis kaku ketika belajar adalah hal yang membosankan, saya lebih suka duduk diteras sambil nyemil atau minum secangkir teh ketika mengerjakan tugas agar merasa nyaman saat belajar, setiap orang pasti punya sesuatu yang membuat mereka senang belajar, jangan terlalu mengikuti aturan belajar dari orang tua jika kita mempunyai metode belajar yang lebih menyenangkan dan lebih efektif. Oke kembali ke awal, hampir semua game yang pernah kita coba menggunakan bahasa inggris, hal tersebut bisa menjadi positif jika kita tertarik untuk mengartikannya ke dalam bahasa indonesia dan mengerti setiap katanya, ini pasti akan membuat kita lebih tertarik untuk belajar bahasa inggris dan memainkan game tersebut, game2 zaman sekarang banyak menggunakan bahasa inggris dan menggunakan film yang menarik, seandainya kita bisa mengerti apa yang di ucapkan jagoan di film tersebut bukankah kita akan lebih suka terhadap game yang kita mainkan?

2. Game sebagai media penyalur ide

Game2 yang sering kita mainkan itukan lebih banyak berasal dari luar negeri(Indonesia kapan ya he he he), setiap yang terdapat dalam game terebut pasti bisa memberikan ide untuk melakukan sesuatu(Harus ide yang positif ya!!!!) misalnya Anda sedang bermain game Harvest Moon yang bercerita tentang kehidupan di pedesaan, lalu kebetulan Anda mempunyai perternakan di kampung yang nampaknya sangat biasa, jika Anda kreatif mungkin perternakan Anda tersebut bisa dibuat sama bagusnya seperti yang ada didalam game. contoh lainnya ketika Anda sedang bermain game GTA kemudian melihat mobil yang memiliki NOS dan kebetulan Anda mempunyai mobil, mungkin Anda bisa membuat mobil Anda percis seperti mobil yang di game tersebut.

3. Game sebagai media mengenal dunia luar

Ini juga merupakan hal yang positif, dari game kita bisa mengenal kehidupan di negara lain, budayanya, bahasanya, cara hidupnya, tata kotanya dan lain lain, sehingga kita bisa mengetahui negara tersebut tanpa harus mendatanginya, contoh game GTA:San Andreas mengambil cerita dari tiga kota besar, yaitu Los Angeles(di gamenya bernama Los Santos), San Fransisco(di gamenya bernama San Fiero) dan Las Vegas(di gamenya bernama Las Venturas), dari game GTA tersebut kita bisa mempelajari budaya kehidupan dari tiga kota tersebut tanpa harus mendatanginya. Dari game kita bisa mengenal dunia luar.

Itulah tiga hal postitif dari berbagai hal positif lainnya yang bisa diambil dari sebuah game, bagaimanapun juga game mempunyai hal yang positif

Membuat komputer nyaman digunakan untuk berkerja sehingga menyenangkan pengguna

Komputer pada dasarnya diciptakan untuk membantu perkerjaan manusia, karena itu tidak terlepas dari dasar tujuan komputer diciptakan jika kita mempunyai komputer kita harus membuat komputer kita nyaman digunakan sehingga komputer tersebut sangat membantu dalam menyelesaikan tugas kita, dibawah ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar komputer kita nyaman saat digunakan, silahkan disimak

1. Pikirkan untuk apa komputer tersebut digunakan

Kita harus memikirkan untuk apa komputer tersebut digunakan, apapun pilihannya akan menentukan semua komponen komputer, sebagai contoh jika komputer Anda ingin dijadikan komputer gaming maka vga komputer dan memory komputer Anda harus lebih tinggi dari yang Anda miliki saat ini agar komputer tersebut nyaman digunakan untuk bermain game

2. Pakai peralatan/perangkat keras yang sesuai dengan tujuan komputer digunakan

Hal ini perlu diperhatikan, Anda harus mempunyai peralatan yang mendukung tujuan kerja dari komputer Anda, sebagai contoh jika komputer Anda digunakan untuk bisnis Jasa Print maka tentu Anda harus mempunyai printer keluaran terbaru dan tintanya harus tinta asli agar printer tersebut tidak cepat rusak, hal ini harus dipirkan agar Anda tidak membeli peralatan yang fungsinya sama sekali tidak berhubungan dengan tujuan kerja dari komputer Anda, tetapi jika semua peralatan yang diperlukan sudah terpenuhi tidak ada salahnya membeli peralatan tambahan walau fungsinya tidak membantu kerja komputer Anda, ini dilakukan hanya untuk menambah nilai kegunaan komputer Anda

3. Besarnya kapasitas hardisk, jenis hardisk, dan kecepatan putaran piringan hardisk yang diperlukan

Hal ini harus menyambung dengan tujuan dari komputer Anda, komputer yang digunakan harus mempunyai hardisk yang kapasitas penyimpanannya mendukung kerja komputer, kapasitas standar dari hardisk adalah 80-120 GB, tetapi sekarang kita dituntut untuk mempunyai kapasitas hardisk yang lebih tinggi. Jenis hardisk SATA lebih baik daripada jenis hardisk PATA karena SATA lebih cepat dalam menansfer data dan lebih menghemat ruang di CPU, tetapi jenis hardisk ini harus disesuaikan dengan jenis slot hardisk pada motherboard Anda. Kecepatan putaran piringan dalam hardisk semakin tinggi semakin baik karena berarti kecepatan dalam membaca data semakin besar, kecepatannya dihitung dengan RPM(Rotation Per Minute), ada yang 7.200RPM dan ada juga yang 10.000RPM. Buffer Memory juga harus diperhatikan, sebelum data disimpan dalam hardisk data tersebut disimpan terlebih dahulu di buffer memory seperti RAM yang terdapat pada controller hardisk, ini harus diperhatikan untuk mencegah lamanya menuggu saat melakukan transfer data, semakin besar ukuran Buffer suatu hardisk akan semakin baik kerja hardisk tersebut.

4. Sistem Operasi yang digunakan

System Operasi(Selanjutnya ditulis SO) digunakan untuk mengubungkan antara perangkat2 komputer dengan user(pemakai komputer), sistem operasi yang diminati di Indonesia adalah Linux dan Windows, ada juga sistem operasi dos tetapi dos tidak memiliki tampilan grafis dan kita harus menghafal setiap kode perintah yang digunakan agar bisa menggunakannya. Linux dikabari gratis untuk didownload sebagai promosi karena masih baru dan masih aman dari serangan virus, pilihlah sistem operasi yang mendukung perkerjaan Anda sehingga Anda merasa nyaman dalam berkerja

5. Sistem keamanan operasi komputer

Komputer yang tidak terlalu diperhatikan keamanannya bisa menjadi bulan-bulanan virus dan menjadi target serangan hacker, jika sudah seperti itu komputer akan mengalami 20% hambatan dalam berkerja, parahnya lagi bisa menghancurkan peralatan komputer yang Anda gunakan, sebagai contoh sekarang terdapat worm yang menyebabakan CD\DVD Room membuka dan menutup sendiri, begitu sistem operasi di instal ulang CD\DVD tersebut masih membuka dan menutup sendiri, ini berarti sistem kerja dari CD\DVD tersebut sudah dirusak oleh worm. Untuk menjaga keamanan dari sistem operasi yang digunakan kita bisa menggunakan antivirus yang selalu diperbaharui versinya dan mencari info yang banyak bagaimana caranya mengamankan komputer kita dari serangan virus dan kejahatan lainnya

6. Software yang diperlukan

Software yang digunakan sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan agar kerja komputer tidak terlalu terbebani, lebih baik kita memperbanyak menginstal software yang berhubungan dengan perkerjaan kita dan kebutuhan kita dan menghapus software yang tidak berhubungan dengan perkerjaan kita sehingga komputer tersebut sangat membantu dalam menyelesaikan tugas kita

6 Hal diatas harus diperhatikan, kenyamanan saat menggunakan komputer membutuhkan fasilitas yang berbeda tergantung dari fungsi komputer Anda digunakan, jika komputer Anda hanya digunakan untuk bermain game, mendengar musik dan berkerja ringan maka kapasitas hardisk yang standar, peralatan dasar seperti mouse, keyboard, speaker dan monitor saja sudah sangat membuat Anda nyaman dalam menggunakan komputer tersebut, jadi intinya jika kita ingin membuat komputer kita nyaman digunakan maka kita harus mempunyai semua komponen2 yang mendukung tujuan dari kita menggunakan komputer tersebut

Membuat komputer nyaman digunakan

Komputer pada dasarnya diciptakan untuk membantu perkerjaan manusia, karena itu tidak terlepas dari dasar tujuan komputer diciptakan jika kita mempunyai komputer kita harus membuat komputer kita nyaman digunakan sehingga komputer tersebut sangat membantu dalam menyelesaikan tugas kita, dibawah ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar komputer kita nyaman saat digunakan, silahkan disimak

1. Pikirkan untuk apa komputer tersebut digunakan

Kita harus memikirkan untuk apa komputer tersebut digunakan, apapun pilihannya akan menentukan semua komponen komputer, sebagai contoh jika komputer Anda ingin dijadikan komputer gaming maka vga komputer dan memory komputer Anda harus lebih tinggi dari yang Anda miliki saat ini agar komputer tersebut nyaman digunakan untuk bermain game

2. Pakai peralatan/perangkat keras yang sesuai dengan tujuan komputer digunakan

Hal ini perlu diperhatikan, Anda harus mempunyai peralatan yang mendukung tujuan kerja dari komputer Anda, sebagai contoh jika komputer Anda digunakan untuk bisnis Jasa Print maka tentu Anda harus mempunyai printer keluaran terbaru dan tintanya harus tinta asli agar printer tersebut tidak cepat rusak, hal ini harus dipirkan agar Anda tidak membeli peralatan yang fungsinya sama sekali tidak berhubungan dengan tujuan kerja dari komputer Anda, tetapi jika semua peralatan yang diperlukan sudah terpenuhi tidak ada salahnya membeli peralatan tambahan walau fungsinya tidak membantu kerja komputer Anda, ini dilakukan hanya untuk menambah nilai kegunaan komputer Anda

3. Besarnya kapasitas hardisk, jenis hardisk, dan kecepatan putaran piringan hardisk yang diperlukan

Hal ini harus menyambung dengan tujuan dari komputer Anda, komputer yang digunakan harus mempunyai hardisk yang kapasitas penyimpanannya mendukung kerja komputer, kapasitas standar dari hardisk adalah 80-120 GB, tetapi sekarang kita dituntut untuk mempunyai kapasitas hardisk yang lebih tinggi. Jenis hardisk SATA lebih baik daripada jenis hardisk PATA karena SATA lebih cepat dalam menansfer data dan lebih menghemat ruang di CPU, tetapi jenis hardisk ini harus disesuaikan dengan jenis slot hardisk pada motherboard Anda. Kecepatan putaran piringan dalam hardisk semakin tinggi semakin baik karena berarti kecepatan dalam membaca data semakin besar, kecepatannya dihitung dengan RPM(Rotation Per Minute), ada yang 7.200RPM dan ada juga yang 10.000RPM. Buffer Memory juga harus diperhatikan, sebelum data disimpan dalam hardisk data tersebut disimpan terlebih dahulu di buffer memory seperti RAM yang terdapat pada controller hardisk, ini harus diperhatikan untuk mencegah lamanya menuggu saat melakukan transfer data, semakin besar ukuran Buffer suatu hardisk akan semakin baik kerja hardisk tersebut.

4. Sistem Operasi yang digunakan

System Operasi(Selanjutnya ditulis SO) digunakan untuk mengubungkan antara perangkat2 komputer dengan user(pemakai komputer), sistem operasi yang diminati di Indonesia adalah Linux dan Windows, ada juga sistem operasi dos tetapi dos tidak memiliki tampilan grafis dan kita harus menghafal setiap kode perintah yang digunakan agar bisa menggunakannya. Linux dikabari gratis untuk didownload sebagai promosi karena masih baru dan masih aman dari serangan virus, pilihlah sistem operasi yang mendukung perkerjaan Anda sehingga Anda merasa nyaman dalam berkerja

5. Sistem keamanan operasi komputer

Komputer yang tidak terlalu diperhatikan keamanannya bisa menjadi bulan-bulanan virus dan menjadi target serangan hacker, jika sudah seperti itu komputer akan mengalami 20% hambatan dalam berkerja, parahnya lagi bisa menghancurkan peralatan komputer yang Anda gunakan, sebagai contoh sekarang terdapat worm yang menyebabakan CD\DVD Room membuka dan menutup sendiri, begitu sistem operasi di instal ulang CD\DVD tersebut masih membuka dan menutup sendiri, ini berarti sistem kerja dari CD\DVD tersebut sudah dirusak oleh worm. Untuk menjaga keamanan dari sistem operasi yang digunakan kita bisa menggunakan antivirus yang selalu diperbaharui versinya dan mencari info yang banyak bagaimana caranya mengamankan komputer kita dari serangan virus dan kejahatan lainnya

6. Software yang diperlukan

Software yang digunakan sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan agar kerja komputer tidak terlalu terbebani, lebih baik kita memperbanyak menginstal software yang berhubungan dengan perkerjaan kita dan kebutuhan kita dan menghapus software yang tidak berhubungan dengan perkerjaan kita sehingga komputer tersebut sangat membantu dalam menyelesaikan tugas kita

6 Hal diatas harus diperhatikan, kenyamanan saat menggunakan komputer membutuhkan fasilitas yang berbeda tergantung dari fungsi komputer Anda digunakan, jika komputer Anda hanya digunakan untuk bermain game, mendengar musik dan berkerja ringan maka kapasitas hardisk yang standar, peralatan dasar seperti mouse, keyboard, speaker dan monitor saja sudah sangat membuat Anda nyaman dalam menggunakan komputer tersebut, jadi intinya jika kita ingin membuat komputer kita nyaman digunakan maka kita harus mempunyai semua komponen2 yang mendukung tujuan dari kita menggunakan komputer tersebut

Membuat Aplikasi Java: Membuat program mati secara otomatis dengan thread

Pada postingan ini akan saya beritahu bagaimana caranya suatu Jendela program bisa tertutup(Mati) secara otomatis, ketika program dijalankan kemudian setelah beberapa saat program tersebut berjalan secara otomatis program tersebut akan tertutup, hebat bukan!!!! untuk membuat programnya ikuti langkah dibawah ini


Pertama buka Netbeans Anda dan buat project baru dan form baru

Kemudian berikan sebuah button seperti gambar dibawah ini

Klik duakali button tersebut dan salin kode dibawah ini



Thread thread;
for(int i=0; i<12; thread="new" angka="i;" hasil="String.valueOf(Angka);">9){
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Waktu pemakaian program habis!!!!!");
this.dispose();
}
}catch(InterruptedException a){

}

}




Kode diatas menggunakan Thread.sleep yang akan menghentikan proses pengulangan selama satu detik dan kemudian proses pengulangan dilakukan lagi, thread.sleep juga diulang sehingga proses pengulangan dihentikan lagi selama satu detik, ketika proses pengulangan menghasilkan angka diatas 9 maka akan dimunculkan sebuah pesan bahwa waktu pemakaian program telah habis, kemudian form ditutup.

Sekarang jalankan program lalu tekan tombol Start, program akan tertutup secara otomatis setelah 10 detik dan akan menampilkan pesan waktu pemakaian program telah habis


Anda bisa mengembangkannya dan membuat aplikasi demo yang hanya bisa dipakai selama waktu yang Anda tentukan setiap kali digunakan, jika waktu habis maka program tersebut akan tertutup secara otomatis dan pengguna harus membuka program tersebut dari awal lagi.

Membuat Aplikasi Java: Aplikasi Penghitung Pangkat

Untuk menghitung perpangkatan digunakan kata kunci pow dari kelas Math yang rumusnya adalah Math.pow(angka1,angka2) yang akan menghasilkan angka dari angka1 pangkat angka2, sekarang mari kita praktekan rumus diatas, pertama buka Netbeans Anda dan buat project baru

Kemudian buat form dan berikan tiga textField, satu Label dan satu Button seperti gambar dibawah ini

Jika sudah klik kanan pada jButton1 kemudian pilih Events-->Action-->action performed seperti yang ditunjukan pada gambar



Kemudian salin skrip dibawah ini

Double Angka1= Double.valueOf(jTextField1.getText());
Double Angka2=Double.valueOf(jTextField2.getText());
Double hitungPangkat=Double.valueOf(Math.pow(Angka1, Angka2));
String hasil = String.valueOf(hitungPangkat);
jTextField3.setText(hasil);


Penjelasan Skrip: Pertama kita menciptakan variabel Angka1 dengan tipe Double yang isinya mengambil data dari textField1, kemudian kita menciptakan variabel Angka2 dengan tipe Double yang isinya mengambil data dari textField2, variabel hitungPangkat dengan tipe data Double melakukan perhitungan Angka1 pangkat Angka2, skrip untuk menghitungnya adalah Math.pow(Angka1, Angka2) kemudian String hasil mengisi datanya dengan isian dari variabel hitungPangkat yang sudah dikonver menjadi String, kemudian jTextField3 mengambil data dari variabel hasil dan menampilkannya.

Program siap digunakan sebagai aplikasi penghitung pangkat

Memberikan Password pada folder

Sebuah folder gunanya adalah untuk manaruh file, jika ingin menggunakan file tersebut maka kita bisa membuka folder yang berisi file yang kita butuhkan, jika Anda ingin mempunyai folder yang hanya bisa dibuka oleh Anda maka Anda bisa memberikan folder tersebut sebuah password sehingga jika ingin membuka folder tersebut Anda harus memasukan password, untuk melakukannya maka kita membutuhkan sebuah software bernama folder icon, software ini berguna untuk memberikan password pada folder, mengganti icon folder dan icon desktop dan ekstrak icon, software folder icon bisa Anda dapatkan secara gratis di internet, gunakan Google untuk mencarinya, jika sudah ikuti langkah dibawah ini

Setelah folder icon didownload maka instal software tersebut

Kemudian klik menu folder protect, seperti gambar dibawah ini

Lanjutkan dengan mengeklik Install Folder Protect

Kemudian masukan password baru dan masukan lagi password yang sama dengan password baru,jika sudah klik Set Password seperti pada gambar


Jika langkah diatas benar maka proses penginstalan password folder telah berhasil dilakukan, close jendela berikutnya dan sekarang cari folder yang ingin diberikan password

Jika sudah klik kanan folder tersebut dan pilih Lock Folder, seperti pada gambar

Kemudian masukan password yang tadi telah Anda daftarkan, sekarang folder tersebut sudah terkunci, untuk membukanya Anda harus memasukan password yang sudah Anda daftarkan.


Folder Icon juga bisa digunakan untuk mengganti ikon folder dengan mudah

Membajak CD dengan Nero menggunakan satu CD Room

Membajak CD dengan Nero bisa menggunakan satu CD room, itulah salah satu kelebihan dari Nero, dengan menggunakan cara ini akan menghemat waktu dan tenaga kita, berikut langkah-langkah pembajakan CD dengan Nero

1. Masukan CD yang ingin Anda bajak

2. Buka program Nero Anda dan pilih menu Copy Disk





3. Kemudian pilih berapa banyak CD tersebut ingin Anda bajak pada pilihan Number of copies, semakin banyak semakin lama, jika sudah samakan Source drive dengan Destination drive hal ini dimaksudkan agar Nero membaca dan menulis data di CD pada room yang sama, kemudian dilanjutkan dengan mengklik Burn



4. Kemudian tunggu hingga data pada CD selesai dibaca


5. Jika sudah maka CD room Anda akan terbuka otomatis dan akan muncul pesan yang menyruruh Anda untuk memasukan sebuah CD kosong, jangan tekan Cancel karena akan membuat Anda harus mengulang dari awal


6. Masukan sebuah CD kosong, kemudian Nero akan menulis data ke CD kosong Anda secara otomatis

7. Jika proses penulisan data selesai dilakukan akan muncul pesan seperti pada gambar ini dan CD room Anda akan terbuka secara otomatis, tutup Nero Anda




Congratulation! Anda telah berhasil melakukan pembajakan CD menggunakan satu CD room dengan bantuan Nero , mohon memberikan komentarnya

Perangkat keras komputer yang wajib dimiliki

Terdapat banyak perangkat keras komputer yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan atau untuk menambah nilai kegunaan dari komputer yang Anda miliki, masing masing perangkat memiliki fungsi tersendiri, jika Anda mempunyai komputer tidak usah bingung perangkat apa saja yang seharusnya Anda pasang dikomputer, pasang saja perangkat yang sesuai dengan kebutuhan dan uang yang Anda miliki, tetapi ada beberapa perangkat yang mau tidak mau harus Anda miliki agar komputer Anda sempurna dalam mengolah data, perangkat perangkat itu adalah:



1. Mouse
Berguna untuk mengarahkan kursor yang ada pada monitor, kursor tersebut akan mengeksekusi program yang dipilih ketika mouse diklik, dizaman sekarang mouse wajib digunakan karena kebanyakan sistem operasi menggunakan mouse untuk memilih program yang ingin dijalankan



2. Keyboard
Berguna dalam proses pengetikan dan dalam pengoperasian program, wajib ada dalam setiap komputer



3. Monitor
Diperlukan untuk menampilkan data grafis yang sudah diolah oleh komponen2 yang ada di motherboard, wajib digunakan karena monitor akan menampilkan program apa yang sedang dioperasikan



4. Speaker
Tidak terlalu dibutuhkan, bisa digolongkan menjadi kebutuhan sekunder, tetapi sangat diperlukan saat mengoperasikan program yang banyak mengeluarkan suara seperti cake walk

Membuat save menu animasi flash dengan shared object

Shared objects digunakan untuk menyimpan suatu variable ke cookie yang ada pada komputer client. Nah ini sangat bermanfaat bagi Anda jika ingin membuat suatu variabel dalam animasi flash yang nilainya bisa disimpan dan kemudian bisa ditampilkasn kembali isinya, fungsi ini adalah dasar dari sistem save yang ada pada flash game, juga bisa digunakan untuk highscore dalam flash game, dibawah ini ada tahap tahap untuk membuat save menu secara sederhana, silahkan disimak



1. Pertama buka macromedia flash Anda



2. Kemudian pasang satu buah dinamic text dengan variabel bernama "loadnama" dan satu buah input text dengan variabel bernama "inputnama"



3. Kemudian pasang dua buah tombol



4. Klik frame yang Anda gunakan kemudian berikan action skrip dibawah ini



var nama:SharedObject = SharedObject.getLocal(niki);



penjelasan skrip: niki adalah nama cookie yang tersimpan dalam variabel nama



5. Klik tombol yang digunakan untuk mensave kemudian ketikan skrip dibawah ini



on(release){

_root.nama.data.hehe = _root.inputnama;

}

Penjelasan skrip: jika tombol save di tekan maka nilai yang ada pada input text dengan variabel bernama "inputnama" akan dimasukan kedalam data hehe yang akan tersimpan ke variabel nama, kemudian variabel nama akan meneruskannya untuk disave kedalam cookie bernama niki



6. Klik tombol yang digunakan untuk menload kemudian salin skrip dibawah ini



on(release){

_root.loadnama=_root.nama.data.hehe;

}

Penjelasan skrip: ketika tombol load ditekan maka dinamic text dengan variabel bernama "loadnama" akan menampilkan data cookie niki yang sudah terisi dengan nilai yang dimasukan di dalam input text bernama "inputnama"



7. Lakukan test movie



8. Masukan karakter atau angka pada input text dengan variabel bernama "inputnama" kemudian klik tombol yang digunakan untuk save



9. Tutup test movie Anda



10. Lakukan lagi test movie lagi



11. Klik tombol yang digunakan untuk load dan kemudian dinamic text dengan nama "loadnama" akan menampilkan data yang tadi Anda masukan pada input text yang mempunyai variabel bernama "inputnama"



Setelah Anda mempraktekan artikel ini harap memberikan komentarnya dikotak komentar, masukan Anda saya hargai

E-Books

_______________________

E-Book isi membahas tentang dasar dasar membuat database dengan Microsoft Access,E-Book ini bisa Anda download disini

________________________

Memanfaatkan Internet dengan positif

Dunia internet yang bisa diakses oleh siapa saja dan dalam waktu 24 jam full akses membuat kita bisa mendapatkan berbagai informasi yang kita butuhkan dalam jumlah banyak dan dalam waktu singkat, munculnya internet akan memudahkan orang dalam mencari informasi, berkomunikasi, berbisnis, mencari hiburan dan memudahkan dalam kepentingan yang lainnya. Internet bisa dimanfaatkan untuk hal hal yang positif yang akan membuat kita merasa lebih baik atau bisa juga dimanfaatkan untuk hal hal yang negatif yang akan membuat hati dan pikiran menjadi lebih buruk, siapapun yang sedang mengakses internet bisa memilih akan dimanfaatkan untuk apa internet itu. Pada postingan ini akan saya bagikan sedikit informasi bagaimana cara kita untuk memanfaatkan internet dengan positif, karena internet adalah anugerah dari Tuhan yang harus kita syukuri dan harus dimanfaatkan dengan sebaik baiknya sebelum ajal menjemput, silahkan disimak artikel dibawah ini.



1. Internet untuk mencari informasi

Ketika kita ingin mencari informasi kita harus mengetahui alamat dari situs yang menampilkan informasi yang kita butuhkan, untuk mengetahui alamat alamat situs tersebut kita memerlukan sebuah situs mesin pencari(Search Engine), salah satu search engine yang terkenal adalah Google yang beralamat di www.google.com Orang orang yang sudah matang di dunia internet biasa menyebut google dengan sebutan Paman Google atau Mbah Google, situs ini akan menampilkan daftar situs berdasarkan kata kunci yang Anda masukan. Google akan memudahkan Anda untuk mencari situs yang menampilkan informasi yang Anda butuhkan





2. Internet untuk hiburan

Di internet tersebar berbagai hiburan yang bisa Anda nikmati, seperti untuk menonton video dan bermain game, berikut daftar hiburan yang saya tahu



Menonton video: kunjungi situs www.youtube.com

Bermain game secara gratis: kunjungi situs www.freeonlinegames.com www.games.co.id www.freeworldgoup.com

Menonton TV:kunjungi situs www.wwitv.com





3. Internet untuk bersosialisasi

Menggunakan internet untuk tujuan bersosialisasi juga merupakan hal yang positif, dengan internet kita bisa berkenalan dengan orang dari seluruh negara Indonesia atau negara-negara lainnya didunia yang sedang online dan menggunakan sarana sosialisasi yang juga kita gunakan, dibawah ini terdapat beberapa sarana sosialisasi yang bisa Anda gunakan secara gratis



Chatting(Mengobrol) dengan orang lain: kunjungi situs www.liveconnector.com



Mencari kenalan baru: kunjungi situs www.facebook.com www.friendster.com www.bergaul.com www.myspace.com





4. Internet untuk mencari sesuatu yang gratis

Mmmmmmm semua orang pasti suka yang gratis!!!! jangan malu jika menggunakan sesuatu yang gratis, Anda seharusnya bangga bisa menikmati sesuatu tanpa harus mengeluarkan uang atau pengorbanan lainnya. Di internet kita bisa mendownload software, game, musik, video, E-Book secara gratis, tidak semuanya gratis, beberapa software hebat hanya menyediakan trial version atau demo version untuk didownload



5. Internet untuk berbisnis

Mencari rejeki juga bisa dilakukan di internet, Anda bisa mencari perkerjaan online atau bisnis online sesuai dengan kemampuan dan waktu yang Anda miliki.

Monday, May 25, 2009

Nokia 6216 classic

Spesifikasi Nokia 6216 classic
NETWORK

2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G Network UMTS 850 / 2100
STATUS
Announced 2009, April
Coming soon. Exp. release 2009, Q3
SIZE
Dimensions 114.7 x 41.7 x 14.5 mm, 61.1 cc
Weight 88 g
DISPLAY
Type TFT, 16M colors
Size 240 x 320 pixels, 2.0 inches
- Downloadable wallpapers, screensavers
RINGTONE
Sound Alert types Vibration; Downloadable polyphonic, MP3, AAC ringtones
Speakerphone Yes
- 2.5 mm audio jack
MEMORY
Phonebook Yes, up to 2000 entries, Photocall
Call records 20 dialed, 20 received, 20 missed calls
Internal 22 MB
Card slot microSD (TransFlash), up to 8 GB supported
DATA
GPRS Class 10 (4+1/3+2 slots), 32 - 48 kbps
HSCSD Yes
EDGE Class 10, 236.8 kbps
3G Yes, 384 kbps
WLAN No
Bluetooth Yes, v2.0 with A2DP
Infrared port No
USB Yes, miniUSB

FEATURES Nokia 6216 classic
Camera Primary 2 MP, 1600x1200 pixels, LED flash
Video Yes, VGA@15fps
Secondary VGA videocall camera
Features Messaging SMS, MMS, Email, Push E-Mail, IM
Browser WAP 2.0/xHTML, HTML (Opera Mini)
Radio Stereo FM radio, Visual radio
Games Yes + Downloadable
Colors Coco Pearl
GPS No
Java Yes, MIDP 2.0
- SIM-based Near Field Communication NFC (read/write/sharing)
- Nokia Xpress Audio messaging
- Push to talk
- MP3/MPEG4 player
- Voice memo
- Voice dial
- Organizer
- Stop watch
- Countdown timer
- Active standby screen
BATTERY
Standard battery, Li-Ion 1000 mAh (BL-4U)
Stand-by Up to 300 h (2G) / 288 h (3G)
Talk time Up to 3 h 20 min (2G) / 2 h 45 min (3G)

Tags: Daftar Harga Handphone, Harga Nokia, Daftar Harga Nokia 6216 classic

Sunday, May 10, 2009

Nokia E52

Spesifikasi Nokia E52
NETWORK

2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G Network HSDPA 900 / 2100
STATUS
HSDPA 850 / 2100 - US version
Announced 2009, May
Status Coming soon. Exp. release 2009, Q3
SIZE
Dimensions 116 x 49 x 9.9 mm, 54 cc
Weight 98 g
DISPLAY
Type TFT, 16M colors
Size 240 x 320 pixels, 2.4 inches
Sound Alert types Vibration; Downloadable polyphonic, MP3 ringtones
Speakerphone Yes
- 3.5 mm audio jack
MEMORY
Phonebook Practically unlimited entries and fields, Photocall
Call records Detailed, max 30 days
Internal 60 MB
Card slot microSD (TransFlash), up to 16GB, 1GB included
DATA
GPRS Class 32
HSCSD Yes
EDGE Class 32, 296 / 178.8 kbits
3G HSDPA, 10.2 Mbps; HSUPA, 2 Mbps
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g, UPnP technology
Bluetooth Yes, v2.0 with A2DP
Infrared port No
USB Yes, v2.0 microUSB

FEATURES NOKIA E52
Camera Primary 3.2 MP, 2048x1536 pixels, enhanced fixed focus, LED flash
Video Yes, VGA@15fps
Secondary VGA videocall camera
Features OS Symbian OS, S60 rel. 3.2
CPU ARM 11 600 MHz processor
Messaging SMS, MMS, Email
Browser WAP 2.0/xHTML, HTML
Radio Stereo FM radio with RDS
Colors Metal Grey Aluminium, Golden Aluminium
GPS Yes, with A-GPS support; Nokia Maps 3.0
Java Yes, MIDP 2.1
- Digital compass
- MP3/MP4/eAAC+/WMA player
- Document viewer (Word, Excel, PowerPoint, PDF)
- Voice memo
- T9
BATTERY
Standard battery, Li-Ion 1500 mAh (BP-4L)
Stand-by Up to 672 h (2G) / Up to 432 h (3G)
Talk time Up to 8 h (2G) / Up to 6 h (3G)
Music play Up to 18 h

Tags: Daftar Harga Handphone, Harga Nokia, Daftar Harga Nokia E52

Sony Ericsson W205

Spesifikasi Sony Ericsson W205
NETWORK

2G Network GSM 900 / 1800
GSM 850 / 1900 -W205a
STATUS
Announced 2009, March
Status Coming soon. Exp. release 2009, Q3
SIZE
Dimensions 92 x 47 x 16.4 mm
Weight 96 g
DISPLAY
Type TFT, 65K colors
Size 128 x 160 pixels, 1.8 inches
Sound Alert types Vibration; Downloadable polyphonic, MP3, AAC ringtones, composer
Speakerphone Yes
MEMORY
Phonebook 1000 contacts, Photo call
Call records 30 received, dialed and missed calls
Internal 5 MB
Card slot Memory Stick Micro (M2), up to 2GB
DATA
GPRS Class 10 (4+1/3+2 slots), 32 - 48 kbps
HSCSD No
EDGE Class 10, 236.8 kbps
3G No
WLAN No
Bluetooth Yes, v2.0
Infrared port No
USB Yes, v2.0

FEATURES Sony Ericsson W205
Camera Primary 1.3 MP, 1280 x 1024 pixels
Video Yes
Secondary No
Features Messaging SMS, MMS
Browser WAP 2.0/HTML (Opera Mini)
Radio Stereo FM radio with RDS
Colors Ambient Black
GPS No
Java Yes, MIDP 2.0
- Walkman media player
- TrackID music recognition
- T9
- Organizer
- Voice memo
BATTERY
Standard battery
Stand-by Up to 425 h
Talk time Up to 9h
Music play Up to 13 h 30 min

Tags: Daftar Harga Handphone, Harga Sony Ericsson, Harga Handphone Sony Ericsson W205

Saturday, May 2, 2009

Tahap Pembuatan Game

Setelah mendapat pihak yang bisa mensponsori flash game bikinan saya sekarang saya ingin memberikan trik tahap pembuatan game yang lazim dilakukan oleh para game programer yang level newbie atau pun yang sudah level dewa, berikut tahap-tahapnya



1. Tentukan Genre Game

Pertama pikirkan jenis game yang ingin Anda bikin, apakah berjenis, RPG(Role Playing Game) seperti harvest moon, FPS(First Person Shooter) seperti Counter Strike, SPS(Second Person Shooter) seperti 25 To Life, Arcade seperti Riden, Fighting seperti Street Fighter, Racing seperti Need For Speed, atau RTS(Real Time Strategy) seperti Age Of Empire. Disarankan pilihlah jenis game yang sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki ,mudah dan cepat dalam pembuatannya.



2. Tentukan Tool yang ingin digunakan

Ini bagian yang terpenting, dengan apakah Anda ingin membuat game tersebut, biasanya game dibuat dengan bahasa pemograman, jika Anda adalah seorang programer maka Anda bisa membuat game dengan bahasa pemograman yang Anda kuasai, tetapi jika Anda adalah orang yang belum begitu menguasai atau sama sekali tidak mengetahui tentang dunia pemograman maka jangan berkecil hati dan jangan menganggap bahwa membuat game dizaman sekarang masih susah, banyak sekali software yang khusus dibuat untuk membuat game dengan genre tertentu, ada software yang menggunakan bahasa pemograman dalam pembuatan game atau sama sekali tidak membutuhkan pemograman dalam pembuatannya, sehingga Anda hanya perlu menggunakan mouse untuk mengatur jalannya game, karakter jagoan, musuh dan beberapa komponen game lainnya, software untuk membuat game sangat membantu Anda dalam membuat sebuah game.



3. Tentukan gameplay game

Gameplay adalah sistem jalannya game tersebut, mulai dari menu, area permainan, save, load, game over, story line, misiion sukses, mission failed, cara bermain dan sistem lainnya harus Anda tentukan, misal dalam sistem save Anda hanya akan membuat pemain bisa mensave permainan jika jagoannya sudah menuju kesebuah lokasi, kemudian ketika meload karakter jagoan akan kembali ketempat area save, atau ketika dalam menu pemain hanya akan mendapat pilihan menu play game, load game, credit dan quit, atau Anda ingin membuat game yang bercerita tentang seorang mahasiswa yang terlibat dalam perang antar geng jalanan dan mencoba untuk keluar dari permasalahan tersebut. Semua sistem yang digunakan dalam game disebut dengan gameplay. Sebisa mungkin buatlah gameplay game Anda enak untuk dimainkan dan tidak menyulitkan pemain sehingga pemain akan nyaman ketika memainkan game Anda



4. Tentukan grafis yang ingin digunakan

Jenis grafis secara sederhana dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu jenis kartun, semi realis, atau realis. Pilih jenis grafis yang sesuai dengan kebutuhan game Anda dan sesuai dengan kemampuan Anda, kemudian pilih software apa yang ingin Anda gunakan dalam membuat gambarnya, pilihlah yang Anda anggap paling mudah digunakan



5. Tentukan suara yang ingin digunakan

Tanpa suara akan membuat game Anda kehilangan nilainya, karena itulah pilih suara yang ingin digunakan dalam permainan. Pilihan suara bisa Anda bagi-bagi menjadi beberapa bagian seperti bagian main menu, save menu, load menu, shoot, dead, mission sukses, mission failed, loading dan bagian-bagian lainnya, pemilihan suara yang digunakan harus seirama dengan bagiannya, misal untuk bagian mission failed tidak cocok jika menggunakan musik yang bersemangat, haruslah musik yang mengandung kesedihan untuk didengar sehingga akan membuat pemain makin sedih ketika jagoannya kalah. Kemudian pilih software yang ingin Anda gunakan untuk membuat atau mengedit suara yang akan digunakan dalam game



6. Lakukan perencanaan waktu

Dengan perencanaan waktu akan membuat Anda makin bebas melakukan hal lainnya karena perasaan Anda tidak lagi terganggu dengan game yang belum selesai dibuat, kemudian ketika waktu pembuatan game sudah tiba Anda akan membuat game sesuai dengan urutan waktu yang sudah Anda tentukan sehingga Anda tidak bingung bagian game mana yang belum selesai dikerjakan dan yang sudah selesai dikerjakan. Perencanaan waktu pembuatan sangat baik untuk dilakukan



7. Proses pembuatan

Yang terakhir lakukan pembuatan game karena semua komponen yang Anda perlukan sudah disiapkan dari awal, lakukan proses pembuatan berdasarkan waktu yang sudah ditentukan, tidak ada salahnya Anda meminta pertolongan orang lain sehingga akan mempercepat proses pembuatan game Anda.



8. Lakukan publishing

Ketika Anda sudah selesai membuat sebuah game, publish game Anda menjadi setup jika game Anda harus diinstal terlebih dahulu sebelum dimainkan atau publish menjadi exe jika game Anda bisa langsung dimainkan tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu, metode mempublish tergantung dengan tool yang Anda gunakan untuk membuat game



Tahap tambahan: publikasikan game Anda

Ayo donk berani unjuk gigi! perlihatkan game bikinan Anda kepada teman-teman dan orang-orang yang Anda kenal, jika perlu upload game bikinan Anda ke internet sehingga orang lain bisa memainkannya atau mendownloadnya.

Belajar Pemograman Java: Membuat kelas, object dan variabel

Sebuah kelas adalah kumpulan dari object yang memiliki variabel dan sifat yang sama, sedangkan object adalah penurunan dari kelasnya, dan variabel adalah yang menyimpan sebuah data dan setiap variabel mempunyai jenisnya dan jenis hak aksesnya, untuk lebih jelasnya perhatikan pelajaran dibawah ini:



Membuat kelas



public class Kendaraan{





}



Pada kode diatas kita menciptakan sebuah kelas bernama Kendaraan dengan tipe hak akses publis sehingga variabel yang ada didalamnya bisa dipakai oleh semua kelas yang menuruni sifatnya.





Membuat variabel



public class Kendaraan{



public String nama;

public Integer harga;



public Kendaraan(String a, Integer b){

this.nama=a;

this.harga=b;

}

}




Pada kode diatas kita menciptakan variabel nama dan harga dengan tipe String untuk nama dan tipe Integer untuk harga, dan kedua variabel tersebut memiliki hak akses public sehingga variabel tersebut bisa dipakai dari kelas lain. Kelas kendaraan juga diberikan konstruktor sehingga akan memudahkan kita untuk mengedit dan mengambil isi dari variabel yang ada didalamnya





Membuat object

Untuk membuat object dilakukan oleh kelas main atau form, berikut kodenya



Kendaraan mobil = new Kendaraan("Sedan", 100000000);



Pada kode diatas kita menciptakan sebuah object bernama mobil dari kelas Kendaraan, kemudian dalam variabel object mobil kita isi Sedan untuk variabel namanya dan 1000000000 untuk variabel harganya, nama dan harga merupakan variabel yang ada didalam kelas Kendaraan Object mobil bisa memakainya karena mobil adalah object dari kelas Kendaraan sehingga bisa menuruni variabelnya.





Menampilkan isi variabel dari sebuah object



Kode dibawah ini akan memberikan sebuah output berisi nama dan harga dari object mobil



Kendaraan mobil = new Kendaraan("Sedan", 100000000);



System.out.println("Nama Kendaraan : " + mobil.nama);

System.out.println("Harga : " + mobil.harga);




Kode diatas akan menampilkan isi variabel nama dari object mobil dan variabel harga dari object mobil





Semoga artikel diatas bermanfaat bagi Anda, jika sudah mempraktekannya dimohon memberikan komenternya di kotak komentar sehingga bisa dibahas oleh pengunjung lain